Saturday, March 22, 2014

Apa Itu Tagihan Prorata?

Televisi berbayar seperti Indovision, Telkomvision dan BigTV mulai populer ke mainstream. Tapi kemudian ada kebingungan. Misalnya seperti ini:

Saya bayar untuk promo 6 bulan, kok masih ada tagihan? Apa ini tagihan prorata?

Tagihan Prorata pada dasarnya adalah tagihan yang dikenakan pada saat service diubah. Diubah maksudnya dari ada menjadi tidak ada, atau dari tidak berlangganan menjadi berlangganan.

Ini adalah ilustrasi dari tagihan prorata:

Drawing1

Perusahaan menetapkan, billing cycle (tanggal siklus tagihan) adalah setiap tanggal 15 setiap bulannya. Jadi jika kamu berlangganan suatu layanan pada tanggal 1 Februari, maka kamu akan dikenakan tagihan prorata untuk service yang kamu nikmati pada tanggal 1 hingga 14 Februari, sebelum masuk billing cycle berikutnya pada tanggal 15 Februari.

Simpel kan?

Tapi saya sudah bayar 6 bulan? Harusnya ditagihnya nanti donk. Nah sekarang masalah penagihannya, ada berbagai macam cara.

  1. Ditagih di awal.
  2. Ditagih sebagai tagihan prorata.
  3. Ditagih pada billing cycle berikutnya.

Ditagih di awal

Saat pembayaran pertama, kamu langsung ditagih hanya biaya prorata. Billing berikutnya langsung mengikuti cycle. Yang seperti ini jarang. Bahkan gw gak inget ada yang menerapkan metode ini.

Ditagih sebagai tagihan prorata

Yang seperti ini banyak. Layanan Televisi berlangganan biasanya menerapkan program seperti ini. Saat mendaftar kamu harus membayar tagihan pertama sesuai paket atau promo yang diminta.

Lalu kemudian suatu saat dalam masa promo, bisa di awal, di akhir, atau dimanapun, akan datang tagihan prorata untuk menyamakan billing cycle. Setelah tagihan prorata, billing akan datang sesuai dengan billing cycle.

Pada beberapa layanan seperti Telkomvision, Tagihan prorata ini digratiskan sebagai gimmick. Jika seperti ini, berlangganlah sejauh mungkin dari tanggal billing cycle, supaya gratisnya makin banyak.

Ditagih pada billing cycle berikutnya.

Ini yang paling menyebalkan. Biasanya biaya awalnya gratis, instalasi, pemasangan, join fee apapun gratis. Tapi pada billing cycle berikutnya, akan ada tagihan prorata lengkap dengan tagihan bulan berjalan. Nyaris tampak seperti tagihan ganda.

Dulu layanan yang menggunakan skema seperti ini adalah Telkom Speedy, tetapi kayaknya sekarang udah ikut metode kedua.

Ada yang lebih buruk

Ini adalah “sesuai tagihan”. Ini lebih buruk dari sistem prorata.

Drawing21

Kamu mulai berlangganan tanggal 1, kamu harus membayar biaya service flat dari bulan sebelumnya 15 Januari sampa 15 Februari. Kamu membayar biaya untuk service yang tidak kamu gunakan.

Siapa yang melakukan hal ini? Bank. Lho, bukannya kalau tutup rekening nanti kita tidak akan ada abonemen? Tidak ada abonemen tapi ada biaya penutupan rekening, yang biasanya justru lebih besar dari abonemen itu sendiri.

Dibalik juga bisa. Kamu sudah membayar untuk service 1 bulan untuk tanggal 15 hingga 14 bulan berikutnya. Tanggal 20 kamu berhenti, dan ternyata langsung diputus, artinya kamu tidak bisa menikmati 25 hari layanan yang telah kamu bayar, karena kamu menyatakan berhenti.


Jadi jangan ngamuk dulu jika ada tagihan prorata datang. Lihat baik baik kapan kamu mulai berlangganan, kapan kamu masuk billing cycle. Dan kapan tagihan berikutnya datang.

Jangan ragu untuk telepon customer service layanan kamu untuk mengetahui detil tagihan. Itu hak kamu, dan kewajiban mereka untuk menjelaskan.

Ada pertanyaan? Silahkan dikomen dibawah.

Tutorial biaya prorata, biaya prorata big tv, apa itu biaya prorata, bagaimana menghitung biaya prorata, biaya prorata menyebalkan, kok ada tagihan biaya prorata, biaya prorata yang tidak jelas, telkomvision dan biaya prorata, indovision prorata, speedy prorata, tagihan prorata, prorate charges

No comments:

Post a Comment

Apa yang kamu pikirkan tentang post diatas? Omongin aja, jangan malu malu.

Tapi...
- Ga terima iklan colongan, komen yang bener dan sesuai dengan artikel.
- Kualitas diatas kuantitas, gw gak bisa terima komentar 'one liner' yang cuma buat masang URL
- Gak ngerti artikelnya, gak usah komen.
- be nice, gw gak ngomersilin blog ini, jadi jangan manfaatin blog ini buat tawarin diri/barang lo.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...