Monday, April 7, 2014

Support Windows XP Berakhir, Dan Pengaruhnya Ke Publik

Itulah kata kata yang akhir akhir ini gw baca kalo Microsoft ngeposting sesuatu tentang berakhirnya support buat Windows XP.

“Tinggal dimatiin updatenya, jadi nggak papa. Selama ini juga nggak papa.”

Bad news is, mau matiin update, nggak mau matiin update, nggak ngaruh buat kamu kamu yang biasa gw sebut “pengguna rumahan”. Berhentinya support Windows XP memang terasa biasa biasa saja untuk pengguna rumahan.

Benarkah? Sebenarnya ada beberapa hal yang akan terjadi dan akan terasa untuk pengguna rumahan. Berikut diantaranya.

Zero Day Exploit

Zero Day Exploit alias bug yang memang sudah ada, menjadi bebas untuk dieksploitasi. Zero Day Exploit ini adalah semacam pintu masuk untuk virus, worm, script, trojan, apapun yang jelek jelek, untuk masuk ke komputer.

Efeknya mungkin nggak terlalu instan, apalagi karena zero day exploit membutuhkan waktu untuk dibuat dan disebar. Di Indonesia, media favoritnya bukan internet, tapi Flash Disk.

Pertanyaan besarnya, sejak diumumkannya tanggal akhir support XP, laut tampak tenang bagi pengguna XP. Tak ada satupun virus atau malware yang besar menyerang XP. Kenapa? Apakah mereka membuat, mengetes dan menyebarkannya sekaligus ketika tanggal itu lewat?

Frekuensi Install Ulang

Saat menggunakan XP, frekuensi install ulang gw sangat tinggi. Apalagi kalo dibandingkan sama sekarang gw pake Windows 8.1. Saat gw pake XP, gw install ulang ENAM BULAN SEKALI. Saat gw migrasi ke Windows 7, gw hanya install ulang nyaris setahun sekali.

Dan untuk Windows 8 dan 8.1? Gw baru install ulang 2 kali selama tiga setengah tahun penggunaan. Plan gw untuk install ulang berikutnya ya saat keluar Update 1 sebentar lagi.

Kenapa gw harus rajin install ulang? Somehow, XP tidak bisa melakukan pemeliharaan terhadap dirinya sendiri. Mesti di defrag, cleaning registry, disk cleanup, dst dll.

Sejak Windows 7. Gw nyaris tidak pernah defrag. Karena defrag, apalagi dengan software pihak ketiga justru memperlambat komputer. Jangan tanya soal registry cleaner, lebih ngerusak lagi. Perubahan registry selalu gw lakukan manual sekarang.

Dukungan Software dan Hardware

Saat gw menggunakan Windows XP, gw masih bisa download driver Canoscan N650U gw yang berbasis Windows 98. Tapi beberapa tahun kemudian, saat gw install Windows 7, driver itu udah gak gw temukan lagi, bahkan di situs resminya. Beruntung gw masih punya backup. (Backup itu sekarang gw simpen di OneDrive dan Google Drive).

Canoscan itu sekarang masih bisa jalan, walaupun hanya di 32-bit. Tapi ini juga peringatan. Hardware lama, buatan manapun, punya batas support.

Software? Dengan hardware yang sedemikian, masih bisakah kamu menjalankan Firefox 29, Chrome 35 dengan lancar? Dan plugin plugin-nya apakah masih tersedia? Dan apakah plugin itu tidak ada exploit-nya?

Jadi intinya, tidak. Komputer kamu yang pake Windows XP tidak akan mati pada April 8. Tidak ada pula paksaan untuk pake Windows 7. Kamu bisa tetep pake Windows XP, dengan resiko yang udah gw “sederhanakan” diatas. Dan mematikan Windows Update tidak ada hubungannya dengan bisa atau tidak bisanya kamu pakai Windows XP setelah 8 April

Protip-nya: Jadikan komputer dengan XP sebagai komputer STAND ALONE. Tidak konek ke internet, tidak terhubung ke jaringan, dan sebaiknya tidak bertukar berkas via media apapun. Sangat aman jika komputer Windows XP diperlakukan seperti mesin tik saja. Ketik, cetak, ulangi. Ya mungkin bolehlah masukin beberapa MP3 dan 3GP…


Cukup tentang pengguna rumahan. Bagaimana dengan korporat? Masalah korporat tidak sesederhana dokumen, harddisk, dan flashdisk seperti pengguna rumahan.

Masalah terbesar pada korporat alias enterprise, alias perusahaan, adalah jaringan. Kalau sudah ngomong jaringan, kata yang paling sederhana adalaha hacking, cracking, hijacking (pengambil-alihan) sampai zombie computers (komputer yang diam diam melakukan tugas untuk hal yang tidak diinginkan, diizinkan atau diperlukan).

Masalah itu biasanya diselesaikan dengan Update dan Support. Sekarang support itu hilang.

Dan jika sangat banyak mesin ATM di Indonesia yang masih menggunakan Windows XP bahkan NT4 (setara Windows 98SE), pertanyaannya adalah, seaman apa transaksi yang kita lakukan via ATM nantinya?

No comments:

Post a Comment

Apa yang kamu pikirkan tentang post diatas? Omongin aja, jangan malu malu.

Tapi...
- Ga terima iklan colongan, komen yang bener dan sesuai dengan artikel.
- Kualitas diatas kuantitas, gw gak bisa terima komentar 'one liner' yang cuma buat masang URL
- Gak ngerti artikelnya, gak usah komen.
- be nice, gw gak ngomersilin blog ini, jadi jangan manfaatin blog ini buat tawarin diri/barang lo.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...