Tuesday, May 6, 2014

Kapitalis? Emang Lu Tau Artinya Apa?

Blog post sebelumnya yang berjudul: Apa Itu King Copy, Super Copy atau King Super, masih dibaca dan dilihat dan dikomentarin puluhan ribu orang. Kombinasi ya, bukan berarti komentarnya ada puluhan ribu.

Dan seperti juga post post gw yang kontroversial lainnya. Banyak yang ngamuk ngamuk. Ini terutama yang sumber duitnya terhambat. Tapi ada satu komentar yang bikin geli.

Kapitalis sok kaya lu nyuruh" org beli ori, lu beli replika aja belum tentu mampu. Wkwkwkwk

Excuse me? I’m a capitalist. Quick fact: Everybody is capitalist.

Singkatnya sih seperti itu. Semua orang itu kapitalis kok. Itu merupakan… apa ya, naluri dasar manusia. Diajarkan di textbook SD, SMP, SMA.

Tapi biar ada dasarnya nih gw kasih sumbernya:

Capitalism is an economic system in which trade, industry, and the means of production are controlled by private owners with the goal of making profits in a market economy.

Kamus Oxford.

Ngerti? Kalo nggak ngerti gw terjemahin:

Kapitalisme adalah sebuah sistem ekonomi dimana perdagangan, industri dan sistem produksi, dikontrol oleh seseorang atau badan usaha, dengan tujuan membuat keuntungan di dalam pasar.

Simpel kan?

Artinya, kamu kamu yang ngewarung, jualan gehu, bala-bala, sayur dan lainnya di pasar adalah seorang kapitalis. Iya, semuanya kapitalis. Gimana nggak kapitalis, kan kalian berusaha ngambil untung kan?

Coba email ke gw, buku kerja perusahaan atau usahamu yang katanya “bukan kapitalis”. Gw pengen liat, sebab di dalam sistem anti kapitalis macam sosialis dsb, itu nggak ada ceritanya kamu ngambil untung.

Gw nggak pengen bawa agama sih. Tapi cerita bahwa Muhammad memperdagangkan sesuatu, dan kemudian bilang, “aku modalnya segini, tambahin aja terserah berapa” itu jika kamu lakukan di jaman sekarang 99.99% bikin ngakak.

Misalnya lo “bikin” mobil dengan modal 80 juta, ditambah 20 juta riset dan pengembangan. Emang lo mau jual mobil lu, 100 juta, ditambah “terserah berapa”-nya 5000 perak? Kagak kan?

Tentu saja yang gw contohkan diatas itu kapitalisme sempit. Sekarang yang banyak digunakan di dunia ini adalah mixed economics. Alias ekonomi suka-suka. Campuran antara kapitalis, sosialis. Tergantung mau maunya negara itu aja.

Negara negara Skandinavia misalnya, walaupun masyarakatnya bisa dibilang sosialis, tapi industri super-gede macem IKEA dan Nokia bisa tumbuh dengan luar biasa. Kapitalis tuh,tapi ada sosialisnya juga.

Jadi intinya begini. Jangan pernah nyebut seseorang “kapitalis” ketika:

  1. Lu masih mengharapkan keuntungan atas usaha apapun yang lu jual, baik barang atau jasa.
  2. Lu masih berusaha menekan harga modal lu setipis tipisnya, dan memaksimalisasi keuntungan sampe orang nyaris gak mau beli.
  3. Lu masih membayar gaji karyawan lu, dibawah UMR dengan alasan “bisanya cuma segitu”.
  4. Atau lu menganggap nomor 1, 2, dan 3 adalah WAJAR.

Oh iya, penjual T-Shirt Che Guevara, dan tokoh tokoh sosialis lainnya pasti juga ngejar untung kok.

Makan tuh teori ekonomi!

arti kapitalis, kapitalis itu apa sih, dituduh kapitalis, tentang kapitalisme, gw bukan kapitalis, cara menjawab orang yang menuduh kapitalis, pengertian kapitalis, modal, gaji kapitalis

5 comments:

  1. Setuju 100 %

    ReplyDelete
  2. Kamu itu orang bodoh yang sok tahu.
    Nggak tahu ilmu ekonomi, tapi ngomongin ekonomi. Udah gitu ngomongin agama orang, tapi sebenarnya nggak tahu apa-apa.
    Blog sampah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Daripada cuma nyampah di blog orang lain, mending bikin tulisan sanggahan.

      :ngakaks :ngakaks

      Delete
  3. ane punya tuh yg king copy ,,, nyesel juga sih ,,, coba dech di reset data pabrik ,,, ketahuan ,,, plus GPS nye ga tepat ,,, ada yg pengen beli ane bilangin mending beli bekas drpd super copy ,,,

    ReplyDelete
  4. aduuuh slh tempat Oom hapus aja ya

    ReplyDelete

Apa yang kamu pikirkan tentang post diatas? Omongin aja, jangan malu malu.

Tapi...
- Ga terima iklan colongan, komen yang bener dan sesuai dengan artikel.
- Kualitas diatas kuantitas, gw gak bisa terima komentar 'one liner' yang cuma buat masang URL
- Gak ngerti artikelnya, gak usah komen.
- be nice, gw gak ngomersilin blog ini, jadi jangan manfaatin blog ini buat tawarin diri/barang lo.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...