Friday, July 18, 2014

Who Shot The Plane Down?

Oke, ada sebuah pesawat jatuh. Jatuhnya juga nggak wajar. Yang jelas pesawat itu ditembak.

Pertanyaannya, siapa yang menembak pesawat itu?

Nah sekarang ada berapa teori yang bisa kamu pikirkan. Tapi kalau gue pikir sih hanya ada 4 pihak yang bisa dituduh untuk bertanggung jawab atas kejadian itu.

Yang pertama menurut gue jelas pemberontak Ukraina. Mereka bisa disebut sebagai pihak yang paling gampang untuk dituduh karena mereka sendiri membuat kekacauan di suatu negara. Bayangin aja kamu sedang berusaha untuk memisahkan diri dari negara kamu, apapun akan kamu lakukan.

Pertanyaannya dan juga masalahnya yang kamu tembak jatuh itu sangat mirip dengan pesawat kepala negara negara yang membantu kamu. Dan apakah kamu punya peralatan yang cukup untuk itu. Gue rasa sebagai pemberontak lu gak bakal punya peralatan yang cukup. Lu pasti dapet minjem, atau dikasih oleh sebuah negara.

Sekarang masuk kemungkinan kedua yaitu Ukraina sendiri. Mungkin gak? Mungkin aja.

Sebenarnya mungkin. Tapi kok kayaknya terlalu gampang, terlalu simpel dan terlalu bodoh, sebuah negara yang sedang berkonflik, kemudian punya persenjataan lengkap, kemudian punya aset seperti menara telekomunikasi, masa dengan sangat berani menjatuhkan sebuah pesawat sipil komersial?

Tentunya mereka menyadari dong, kalau mereka melakukan hal seperti ini implikasinya mereka bakal dikucilkan oleh negara negara eropa sendiri mereka otomatis bisa gue bilang kalah dalam perang ini. Nobody will like them.

Kemudian kalau sudah begini pihak yang paling gampang untuk di tuduh lagi adalah Rusia. Mereka (walaupun selalu menyangkal) selama ini menjadi penyuplai persenjataan separatis tersangka nomor satu.

Permasalahannya sama seperti Ukraina apakah mereka sangat bodoh juga untuk menembak pesawat komersial? Apalagi tingkat intelijen sudah lebih tinggi, daripada separatis.

Siapa yang bohong? Siapa yang menyembunyikan sesuatu?

Menurut gue, gak bakal bener tuh, kalau misalnya blackbox itu dibawa Rusia atau Ukraina.  Apalagi yang namanya Rusia dikenal sebagai negara tertutup, yang tidak bisa menjamin informasi yang didapat dari blackbox itu tetap utuh dan tidak diganggu gugat. Sayangnya blackbox iti sudah jatuh ke rusia.

Positive thinking si boleh, tapi kok susah yah?

Ada 300 orang lebih yang jadi korban di pesawat itu. Semoga mereka mendapat ketenangan, Semoga pemimpin-pemimpin negara yang sedang berkonflik, termasuk masyarakatnya tahu bagaimana implikasi dari kejadian ini di masa depan.

 

UPDATE: CNN dapet rekaman yang menyatakan tersangka pertama yang melakukan, dibantu peralatan tersangka ketiga.

However, rekamannya kalo bisa gw bilang, terlalu simpel, to the point. Bisa jadi karena mereka panik jadi gak sempat berkode ria, atau memang rekaman ini adalah bagian dari propaganda.

No comments:

Post a Comment

Apa yang kamu pikirkan tentang post diatas? Omongin aja, jangan malu malu.

Tapi...
- Ga terima iklan colongan, komen yang bener dan sesuai dengan artikel.
- Kualitas diatas kuantitas, gw gak bisa terima komentar 'one liner' yang cuma buat masang URL
- Gak ngerti artikelnya, gak usah komen.
- be nice, gw gak ngomersilin blog ini, jadi jangan manfaatin blog ini buat tawarin diri/barang lo.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...