Friday, May 29, 2015

Memelihara Akun Facebook (Atau Social Media Lain) Dengan Baik Dan Benar

Sebenernya ini kebiasaan orang Indonesia. Mereka merasa dengan akun sosial media macem Facebook, Twitter, atau Instagram, semuanya selesai. Karena itu mereka lupa merawat akun yang menjadi cantolan semuanya. EMAIL.

Yap, kamu daftar Facebook, pake e-mail. Daftar Twitter, pake e-mail juga. Even kamu gunakan federated login, alias login dengan akun website tertentu seperti di Tokopedia.



Walaupun kamu memilih untuk Login dengan Facebook, Google atau Twitter. Data minimum yang mereka lemparkan adalah nama, tanggal lahir, dan email. Itulah Federated Login.

Jadi, apakah kamu merawat email kamu? Kalau tidak apa resikonya?
Resikonya ada beberapa, seperti susah ganti password, tidak ada notifikasi. Atau yang paling buruk, jika akun dibajak, nyaris tak ada jalan lain yang dapat diambil kecuali lupakan akun, karena hampir pasti tidak akan bisa dipulihkan.

Segitu pentingnya email? Iya.

Oke, mungkin kamu udah lama gak buka email kamu, jadi kamu udah kehilangan akses ke dalamnya. Karena setiap provider email memberikan kamu jeda waktu dari 90 hari sampai 1 tahun, sebelum email kamu dimatikan, dan kemudian dihapus. Passwordnya juga kamu udah lupa.

Bagaimana cara mengembalikan agar Facebook kembali bisa “aman” karena memiliki email yang masih aktif?

Tentu saja, pertama kamu daftar email dulu, boleh Gmail, Outlook atau Yahoo. Kalo kamu pake Android, yang paling recommended adalah Gmail. Kalo kamu pake Windows Phone, tentu saja pake Outlook lebih baik. Yahoo? Sebaiknya nggak dipake. Web interface-nya agak berat. Daftar disini untuk masing masing provider:

         

Udah daftar? Jangan lupa CATAT alamat emailnya, dan passwordnya. Nah sekarang masukkan alamat baru itu ke Facebook kamu. Caranya?

Tentu saja buka Facebook, lalu Login dengan user/pass yang biasanya dulu.

Masuk ke Settings > General > Email > Edit, atau biar nggak ribet, klik sini untuk pengguna desktop/laptop/tablet, untuk pengguna HP klik disini. Dan akan tertera gambar kayak gini:


Iya, gw ada EMPAT alamat email yang terasosiasi dengan Facebook. :D

Berikutnya, tap/klik Add Email Address. Dan kemudian masukkan Alamat email yang tadi kamu bikin, dan password Facebook-mu.


Lalu klik Add Email.

Selesai? BELUM. Kamu harus konfirmasi dulu email-nya. Caranya, ya buka inbox email yang udah kamu daftarkan tadi. Karena gw memakai Google Apps based mail, maka contoh dibawah menggunakan Inbox for Gmail di Android. Tapi intinya sama.
Buka email kamu, cari email dari Facebook (biasanya paling atas lah…), kalo udah ketemu, buka, lalu cari Click Here, atau Klik Disini sesuai dengan bahasamu.


Nah tap/klik si “click here” itu. Udah? beres deh!


Nah, maintenance-nya gimana? Biar gak harus begini lagi? Gampang, login ke email kamu setiap sebulan sekali. Capek login? Add emailnya ke HP-mu biar mereka “login otomatis” tiap hari.

Gampang kan?

Mangga dilakukan atuh. Sebelum Facebook kamu ke-hack. :D

No comments:

Post a Comment

Apa yang kamu pikirkan tentang post diatas? Omongin aja, jangan malu malu.

Tapi...
- Ga terima iklan colongan, komen yang bener dan sesuai dengan artikel.
- Kualitas diatas kuantitas, gw gak bisa terima komentar 'one liner' yang cuma buat masang URL
- Gak ngerti artikelnya, gak usah komen.
- be nice, gw gak ngomersilin blog ini, jadi jangan manfaatin blog ini buat tawarin diri/barang lo.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...