Monday, January 26, 2015

Windows 10 Pro Technical Preview 10.0.9926: A Coming Soon Preview

Mau Store yang mana?

Gw bukan orang yang hobi download suatu OS yang masih dalam tahap alpha, atau beta atau preview, apapun namanya. Tapi sejak Windows 8 mau launching, gw agak rajin download beberapa Build preview. Dan saat ini yang gw download adalah Build 9926 dari sistem operasi Microsoft Windows

Pertama, gw bingung, dari labelnya namanya Technical Preview, tapi ada yang bilang ini sudah Consumer Preview. Tapi setelah gw coba, ternyata istilah Technical Preview masih lebih tepat. Karena? Coming Soon. Iya, banyak banget banget banget fitur yang masih "Coming Soon". Klik ini! Coming soon, Klik itu! Coming soon. Bahkan di aplikasi XBox aja, satu baris menu hampir semuanya Coming soon.

Granted that this is a Technical Preview. Hence, Coming Soon feature is a normal thing.

Coming Soon kalo untuk developer, digunakan sebagai placeholder, fitur ini akan ditempatin disini, sedangkan bagi konsumer, itu semacam teaser, nantinya akan bisa ini lho. Sangat baik untuk melihat coming soon di banyak fitur dan apps Windows 10, tapi karena banyaknya Coming Soon,gw jadi ragu Windows 10 akan launching pada perkiraan "cycle" Agustus-Oktober, seperti yang sudah mereka lakukan untuk Windows 8 dan 8.1.

Now to the features.

  • Coming Soon menghalangi gw menikmati banyak fitur. Jadi gw akan stick kepada yang sudah ada ready aja.
  • Mail, People, dan Calendar, terlihat lebih lapang dan lega. Fontnya dikecilin. Untuk gw pas. Gak tau buat orang lain.
  • Cortana, It's there. Tapi belum berfungsi sempurna. Dia hanya bisa mendeteksi lokasi berdasarkan IP. Padahal gw sudah tetapkan lokasi gw yang sebenarnya.
  • Continuum, masih kasar banget. Font-nya seperti gak pake antialias, tiles yang biasanya? Entah kenapa jadi kekecilan di Continuum. Dan Satu baris tile, maksimum hanya bisa menampung 8 kolom tile tiny. Mudah mudahan nantinya akan diperbolehkan menampung berapapun kolomnya.
  • Store. hilanglah sidescrolling. Masih susah untuk dinavigasi.
  • Entah kenapa nggak bisa install apps.

Apakah sudah cukup baik untuk sistem produksi?

Kalau kamu menjalankan Windows 10 offline only, this preview seharusnya sudah cukup aman dan nyaman untuk dijadikan sistem produksi. Kalau kamu akan online, mungkin kamu harus mempertimbangkan banyaknya apps dan feature yang masih "coming soon".

Apakah gw akan menggunakan build ini?

No. Gw kembali ke Windows 8.1 Update 1. It's still too sluggish to be used.
And I hate the fuckups in continuum tiling.

 

Jika kamu mau merasakan sendiri versi Pratinjau dari Windows 10, kamu bisa mendownloadnya di link dibawah ini:

Windows Insider: Download Windows 10 Preview

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...