Thursday, March 3, 2016

Cara Nonton Gerhana Matahari Total Yang Aman Menurut NASA

9 Maret nanti, Indonesia akan mengalami gerhana matahari total, dimulai sejak pagi hari di sumatera, sampai menjelang siang di halmahera dan sekitarnya.

Berikut adalah anjuran NASA untuk mengamati gerhana matahari secara aman.



Matahari dapat dilihat secara aman dengan mata telanjang hanya selama beberapa detik atau menit dari keseluruhan gerhana matahari. Gerhana parsial (sebagian), gerhana annular, dan fase parsial dari gerhana total tidak pernah aman untuk ditonton langsung tanpa mengambil tindakan pencegahan khusus. Bahkan ketika 99% dari permukaan Matahari dikaburkan selama fase parsial gerhana total, cahaya bulan sabit photospheric tersisa sangat cerah dan tidak dapat dilihat dengan aman tanpa pelindung mata

Jangan mencoba untuk mengamati fase parsial atau annular gerhana apapun dengan mata telanjang. Kegagalan untuk menggunakan penyaringan yang tepat dapat mengakibatkan kerusakan mata permanen atau kebutaan!

Umumnya, peralatan, teknik dan tindakan pencegahan yang digunakan untuk mengamati matahari di luar gerhana sama dengan yang diperlukan untuk gerhana annular dan fase parsial gerhana total. Yang paling aman dan paling murah dari metode ini adalah dengan proyeksi, dimana cahaya dilewatkan pada sebuah lubang kecil dan citranya ditempatkan di layar berjarak setengah meter atau lebih setelah lubang. Gambar juga bisa diproyeksikan di tanah, dan media lain. Teropong juga dapat digunakan untuk memproyeksikan gambar diperbesar dari Matahari pada bidang putih, tapi Anda harus menghindari godaan menggunakan instrumen ini untuk melihat langsung.

Matahari dapat dilihat secara langsung hanya ketika menggunakan filter dirancang untuk tujuan ini. Filter seperti ini biasanya memiliki lapisan tipis aluminium, kromium atau perak yang diendapkan pada permukaan yang akan melemahkan ultraviolet dan infra merah. Salah satu filter yang paling banyak tersedia untuk melihat matahari yang aman adalah kaca las no. 14, tersedia melalui toko alat alat las.

Baru-baru ini, mylar aluminized telah menjadi alternatif yang populer, murah. Mylar dapat dengan mudah dipotong dengan gunting dan disesuaikan dengan segala jenis box atau perangkat melihat. Sejumlah sumber untuk filter solar tercantum di bawah ini. Tidak ada filter yang aman digunakan dengan perangkat optik (teleskop, teropong, dll) kecuali telah secara khusus dirancang untuk tujuan itu.


Filter yang tidak aman termasuk klise film, beberapa film yang tidak mengandung perak, film hitam putih, film medis x-ray, kaca berkabut, dan lain lain. Filter solar yang sering dijual dengan teleskop murah juga berbahaya. Mereka tidak boleh digunakan untuk melihat matahari setiap saat karena mereka sering retak karena kepanasan. Jangan bereksperimen dengan filter lainnya kecuali anda yakin bahwa mereka aman.

Kerusakan mata berasal terutama dari panjang gelombang inframerah tidak terlihat. Fakta bahwa Matahari muncul gelap dalam filter atau bahwa Anda merasa tidak nyaman tidak menjamin bahwa mata Anda aman. Hindari semua risiko yang tidak perlu. Planetarium atau astronom amatir lokal disekitar anda adalah sumber yang baik untuk informasi tambahan.

Meskipun tindakan pencegahan ini, fase total gerhana dapat dan harus dilihat tanpa filter apapun. Pandangan mata telanjang dari totalitas benar-benar aman dan sangat menakjubkan!

Diterjemahkan dengan bantuan Google Translate dan disunting seperlunya.
Sumber asli: NASA

No comments:

Post a Comment

Apa yang kamu pikirkan tentang post diatas? Omongin aja, jangan malu malu.

Tapi...
- Ga terima iklan colongan, komen yang bener dan sesuai dengan artikel.
- Kualitas diatas kuantitas, gw gak bisa terima komentar 'one liner' yang cuma buat masang URL
- Gak ngerti artikelnya, gak usah komen.
- be nice, gw gak ngomersilin blog ini, jadi jangan manfaatin blog ini buat tawarin diri/barang lo.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...