Wednesday, June 21, 2017

Poster Dirjen Pajak + Pos Indonesia ini Tidak Lengkap Dan Berpotensi Misleading

So… I’m talking about this poster.

Poster Meterai - Jun 21 2017 - 12-48 - p1

Latar belakang dulu. Gw biasanya nyetok Meterai 6.000 sebanyak 50 keping per batch. Karena bulan kemaren permintaan meterai 3.000 lumayan banyak, maka gw ubah perbandingannya jadi 30:20. Di luar dugaan seseorang memborong meterai 6.000 25 keping langsung, sehingga gw out of stock meterai 6.000 hanya dalam 4 hari saja, dan gw overstok meterai 3.000

Jadilah gw “mengandalkan” poster diatas, informing kalo Meterai 3.000 sebanyak dua biji itu nilainya sama dengan meterai 6.000. Which is exactly what the poster said. Beberapa orang mau dan membeli meterai itu.

Kemudian gw kedatangan seseorang, yang menginformasikan ke gw, kalau sebuah kantor pemerintahan, hanya bisa mengaplikasikan 1 keping meterai Rp.6.000, tidak boleh 2xRp.3.000. Why? Bukannya Dirjen Pajak aja ngebolehin? Kenapa ini enggak boleh?

Siapa yang salah? Poster? Atau Kantor Pemerintahan?

So I called 1-500-200, and inquiring them about it. Di luar dugaan, ternyata yang “benar” adalah Kantor Pemerintahan. Advisor Kring Pajak yang bernama John bilang bahwa setiap kantor mungkin memiliki requirement sendiri. Dan Jika requirement itu mengharuskan 1 keping 6.000, maka 2 keping 3.000 tidak bisa digunakan.

Kemudian gw menanyakan, kenapa ada poster yang disebarkan oleh Dirjen Pajak dan Pos Indonesia bahwa meterai 3.000 dua biji, bisa digunakan sebagai pengganti? Mereka bilang, itu kebijakan masing masing kantor.

Poster Meterai 2 - Jun 21 2017 - 12-48 - p1

Ketika gw bilang ini misleading, dan tidak lengkap, Advisor yang ini berkilah bahwa itu "sekali lagi kebijakan masing masing kantor, dan Dirjen Pajak hanya sebagai penerbit materai saja.”

Menurut gw, ini pathetic.

There’s a reason, setiap operator seluler selalu ngasih tanda bintang ke setiap promo-nya. Syarat dan Ketentuan Berlaku. Gw sebagai orang biasa, yang tidak melihat ada tanda bintang disitu, berpikir bahwa ketentuan itu as simple as 3000 + 3000 = 6000, gak lebih, gak kurang, masuk di logika.

Unfortunately, not.

That poster, tidak memiliki tanda bintang, yang kemudian tertulis dalam huruf kecil banget, “mungkin tidak berlaku di semua kantor atau dokumen, silahkan konfirmasi kepada kantor tempat anda akan menggunakan meterai.”

That poster, is incomplete, and potentially misleading.

Poster Meterai 3 - Jun 21 2017 - 12-48 - p1

Gw yakin kemudian banyak dari kamu yang berpikir, “salahmu sendiri kenapa gak nanya dulu”. I’m gonna answer, see the fucking poster.

You should glad I save your time and money with this rant, bukannya malah nyinyir. Smile with tongue out.

No comments:

Post a Comment

Apa yang kamu pikirkan tentang post diatas? Omongin aja, jangan malu malu.

Tapi...
- Ga terima iklan colongan, komen yang bener dan sesuai dengan artikel.
- Kualitas diatas kuantitas, gw gak bisa terima komentar 'one liner' yang cuma buat masang URL
- Gak ngerti artikelnya, gak usah komen.
- be nice, gw gak ngomersilin blog ini, jadi jangan manfaatin blog ini buat tawarin diri/barang lo.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...